Dokumentasi Focus Group Discussion@Universitas Jayabaya,Jakarta 10 Maret 2016
Masyarakat Dan Media
Jakarta,Masyarakat dan media jaman sekarang ini dapat diibaratkan sebagai sebagai pedagang dan pembeli nya.Dalam transaksi di dalam proses perdagangan sebagaimana kita tahu ada barang yang dijual oleh pedagang dan dibeli oleh konsumen.Dalam pemberitaan yang dilakukan oleh sebuah media,berita yang disampaikan kepada masyarakat adalah merupakan hasil wawancara yang telah didapatkan dari narasumber dikemas secara ringkas dan disampaikan kepada masyarakat.
Saat ini media adalah sesuatu yang penting bagi masyarakat,di era modern ini masyarakat sangat haus akan informasi.Bukan dalam hitungan hari melainkan hitungan menit saja sekarang ini informasi yang muncul sangatlah beragam dari berbagai aspek.
Media di era modern ini sudah sangat pesat perkembangan nya seiring dengan perkembangan teknologi.Isi pesan yang disampaikan media saat ini sudah jauh lebih baik dan lebih mudah dipahami oleh masyarakat,karena sebelum disampaikan kepada masyarakat/khalayak pesan-pesan tersebut telah dikemas dengan sangat baik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat,sehingga makna pesan yang dapat dimengerti didalam benak masyarakat sebagai komunikan.
Antara media dan masyarakat terjadi suatu proses komunikasi,hal ini adalah fundamental dari segala bentuk pesan yang ingin disampaikan oleh media.Namun di zaman modern ini juga media-media mulai terpengaruh dari beberapak aspek yang dimana hal-hal seperti ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat/khalayak sebagai komunikan nya.Sebagaimana kita ketahui ada beberapa media yang pemilik nya adalah orang-orang besar yang terjun didalam dunia politik.Dengan adanya hal tersebut media-media tersebut dirasakan cenderung memiliki keberpihakan kepada masing-masing pemilik nya tersebut,hal ini menimbulkan pertanyaan ditengah-tengah masyarakat mengenai adakah keberpihakan ini menyangkut kepentingan politik didalamnya?
Oleh karena itu ada baiknya jika esensi dari pemberitaan itu tetap dipegang teguh menjadi fundamental komunikasi yang dilakukan oleh media sebagai komunikator kepada masyarakat sebagai komunikan nya,sehingga masyarakat bisa merasakan masih ada nya transparasi,objektivitas,dan aktualitas sebuah berita yang disampaikan oleh media.
Media di era modern ini sudah sangat pesat perkembangan nya seiring dengan perkembangan teknologi.Isi pesan yang disampaikan media saat ini sudah jauh lebih baik dan lebih mudah dipahami oleh masyarakat,karena sebelum disampaikan kepada masyarakat/khalayak pesan-pesan tersebut telah dikemas dengan sangat baik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat,sehingga makna pesan yang dapat dimengerti didalam benak masyarakat sebagai komunikan.
Antara media dan masyarakat terjadi suatu proses komunikasi,hal ini adalah fundamental dari segala bentuk pesan yang ingin disampaikan oleh media.Namun di zaman modern ini juga media-media mulai terpengaruh dari beberapak aspek yang dimana hal-hal seperti ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat/khalayak sebagai komunikan nya.Sebagaimana kita ketahui ada beberapa media yang pemilik nya adalah orang-orang besar yang terjun didalam dunia politik.Dengan adanya hal tersebut media-media tersebut dirasakan cenderung memiliki keberpihakan kepada masing-masing pemilik nya tersebut,hal ini menimbulkan pertanyaan ditengah-tengah masyarakat mengenai adakah keberpihakan ini menyangkut kepentingan politik didalamnya?
Oleh karena itu ada baiknya jika esensi dari pemberitaan itu tetap dipegang teguh menjadi fundamental komunikasi yang dilakukan oleh media sebagai komunikator kepada masyarakat sebagai komunikan nya,sehingga masyarakat bisa merasakan masih ada nya transparasi,objektivitas,dan aktualitas sebuah berita yang disampaikan oleh media.
Juliando rezon-FLAV4.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment